Langsung ke konten utama

RISIKO

Risiko memiliki bermacam-macam definisi, tergantung konteks dan latar belakang orang yang menyusun definisi tersebut. Secara umum, ada dua konstituen utama dalam setiap definisi risiko, yaitu ketidakpastian (uncertainty) dan konsekuensi yang tidak diinginkan (undesired consequences).

Risiko memiliki pengertian, yaitu suatu kondisi dimana ada kemungkinan penyimpangan yang merugikan dari hasil yang diinginkan atau diharapkan. Penyimpangan yang menguntungkan dinamakan dengan peluang. Risiko berkaitan dengan kata ketidakpastian. Risiko itu sendiri bukanlah suatu pilihan, tetapi keberanian kita dalam mengambil tindakan yang tergantung pada seberapa bebas kita membuat pilihan. Risiko juga selalu dikaitkan dengan "dampak" dan "kemungkinan". Secara akademis, pengertian risiko yaitu
- Potensi variasi hasil yang diharapkan. Besar kecilnya hasil suatu kegiatan dipengaruhi oleh risiko yang ada pada kegiatan tersebut.
- Kemungkinan kerugian (probability of loss). Semakin besar kemungkinan kerugian semakin tinggi risikonya.
- Kemungkinan tidak tercapainya harapan atau tujuan yang direncanakan oleh suatu sistem.

Risiko memiliki beberapa sifat, yaitu

  • Subjective Risk, dapat dipengaruhi oleh
    • dampak konsekuensinya
    • seberapa jauh pengetahuan seseorang tentang risiko
    • kedekatan (familiarity) dalam kehidupan sehari-hari
    • faktor phychologis : ada jenis-jenis risiko tertentu yang dianggap menakutkan (meneror) sehingga dinilai risikonya lebih besar
    • tingkat penerimaan atau penolakan seseorang terhadap risiko
      • Risk aversion : cenderung menolak risiko
      • Risk preference : cenderung mengambil risiko (risk taker)
  • Acceptable Risk
    • Tingkat risiko subyektif yang dapat diterima oleh individu atau organisasi sehingga mereka merasa nyaman (comfortable)
  • Pure Risk
    • Risiko murni adalah risiko yang dapat menimbulkan kerugian tetapi bukan yang mendatangkan keuntungan. Pada umumnya risiko murni dapat diasuransikan.
  • Speculative Risk
    • Risiko ini bisa menghasilkan keuntungan atau kerugian
  • Static Risk
    • Ini adalah risiko yang selalu ada di setiap kelompok kehidupan. Misalnya risiko kebakaran, risiko bencana alam (biasanya yang termasuk dalam kelompok ini adalah risiko murni)
  • Dynamic Risk
    • Risiko yang berubah ketika lingkungan berubah. Perubahan kondisi ekonomi, politik, sosial, hukum, teknologi, dan lingkungan hidup dapat menyebabkan perubahan risiko
  • Fundamental Risk
    • Risiko yang berdampak luas pada suatu kehidupan, seperti bencana alam, perang atau resesi ekonomi, perubahan sosial. Risiko-risiko ini biasanya diluar kontrol dan hanya bisa dikurangi dampaknya, efeknya dirasakan oleh sejumlah besar orang.
  • Particular Risk
    • Risiko-risiko tertentu yang terjadi pada individu atau badan usaha dan masih bisa dikendalikan. Contohnya kebakaran, pencurian, kecelakaan kerja, dsb.

Jenis-jenis risiko pada aktifitas perusahaan
  • Risiko Likuiditas (Liquidity Risk)
    • risiko yang terkait dengan ketidakmampuan dalam memenuhi kewajiban pada saat jatuh tempo
  • Risiko Kepatuhan (Compliance Risk)
    • kerugian yang timbul akibat kegagalan perusahaan untuk mematuhi peraturan perundang-undangan dan perjanjian
  • Risiko Reputasi (Reputational Risk)
    • kerugian perusahaan akibat opini publik yang negatif terkait dengan operasi perusahaan

Jenis-jenis risiko, yaitu :
  • Risiko Operasional (Operational Risk)
    • merupakan risiko yang antara lain disebabkan karena ketidakcukupan dan atau tidak berfungsinya proses internal, kesalahan manusia, kegagalan sistem, atau adanya problem eksternal yang mempengaruhi operasional perusahaan
  • Risiko Pasar (Market Risk)
    • merupakan risiko yang timbul karena adanya pergerakan variable pasar yang berpengaruh pada portofolio yang dimiliki perusahaan di dalam aktivitas fungsional
  • Risiko Hukum (Legal Risk)
    • adalah risiko yang disebabkan oleh adanya kelemahan aspek yuridis. Misalnya tuntutan hukum, ketiadaan peraturan yang mendukung atau kelemahan perikatan, seperti tidak dipenuhinya syarat sahnya suatu kontrak
  • Risiko Keuangan (Financial Risk)
    • adalah risiko yang disebabkan adanya potensi kerugian keuangan baik hal itu disebabkan oleh adanya penyimpangan pengelolaan keuangan perusahaan maupun adanya kesalahan dalam penetapan anggaran maupun investasi keuangan perusahaan
  • Risiko Strategis (Strategic Risk)
    • adalah risiko yang disebabkan oleh keputusan bisnis yang buruk, perencanaan bisnis yang tidak efektif atau yang kurang sesuai, kegagalan merespon perubahan dalam persaingan yang berdampak pada kemampuan perusahaan dalam mencapai sasaran
      • risiko yang terkait dengan implementasi strategi jangka panjang perusahaan yang disusun oleh manajemen.

Sekian mengenai risiko. Thank you and God bless....

Komentar

Postingan populer dari blog ini

retreat PPKr SMAN 8 Tangerang

haiii guysss, this is my blog .. and i will share all there happened in my life ., tau ga sih .. tanggal 13-15 Agustus 2012 kemaren, PPKr SMAN 8 Tangerang ngadain retreat loh !! dan ketua pelaksana dari acara ini adalah gue sendiri. awalnya gue ga ngerti kenapa gue yang jadi ketua untuk acara yang menurut gue susah untuk cari dananya. tapi apa boleh buat, temen-temen dan kakak kelas gue udah nunjuk gue sebagai ketua, tapi gue serahkan ke dalam tangan Tuhan Yesus karena tanpa Dia gue ga bakalan bisa nyusun rencana retreat ini barengan sederet panitia lainnya sampai berhasil. hahaha ... ada suka duka tersendiri diantara kita semua ... oh iyaa, tema yang diangkat untuk acara ini adalah "Called to be Sent". tema ini berasal dari pemikiran kakak kelas gue yang bernama Elisabeth .. kita setuju dkarenakan bukan ga ada ide lain, tapi emang ide nya dia yang satunya pas banget !! oh iyaa, ada juga temen gue yang setia banget nemenin gue kemana-mana untuk bertemu dengan pihak ya

YRC ke-6 part I

Saat ini gue mau berbagi kebahagiaan yang pernah terjadi di dalam hidup gue. Hal ini terjadi ketika gue bersama teman-teman ekskul gue mengikuti sebuah lomba. Hal ini berkesan banget entah hal apa yang membuat semuanya ini menjadi sebuah hal yang sulit untuk dilupakan. oh iyaaa, hal yang  berkesan ini adalah saat gue sama temen ekskul gue mengikuti sebuah lomba yang diadakan setiap 2 tahun apa 3 tahun sekali gitu gue lupaaa hehe maaf yaa :) .. Ekskul yang gue ikuti sejak gue berada di SMA Negeri 8 Tangerang itu adalah ekskul PMR. Taukan PMR itu apa?? PMR itu adalah Palang Merah Remaja. Lomba yang diadakan oleh PMI ini adalah lomba yang emang diikuti oleh sekolah-sekolah di kota Tangerang ini.  PMR madya berjumlah 25 sekolah. PMR wira berjumlah 19 sekolah termasuk sekolah gue yang tercinta ini yaitu SMA Negeri 8 Tangerang. PMR madya adalah kegiatan PMR untuk tingkat SMP, sedangkan PMR wira adalah kegiatan PMR untuk tingkat SMA. Nama kegiatan lomba ini adalah "Lomba Keterampilan

Lomba YRC

Gue lupa kasih tau kalian tentang lomba yang kita ikuti pas YRC ke-6 ini. Kepanjangan YRC pun belom gue kasih tau juga hahaha .. YRC itu adalah Youth Red Cross Competition. PMI selalu mengadakan kegiatan lomba ini setiap 2 tahun apa 3 tahun sekali gitu gue lupa. Oh iya, seperti yang udah pernah gue posting mengenai lomba apa aja yang udah kita ikuti, sekarang gue mau memberikan sedikit gambaran bagi kalian apa sih yang dimaksudkan dengan lomba itu ... ASB. ASB adalah singkatan dari Ayo Siaga Bencana. Di dalam kegiatan ASB ini, kita sebagai kaum generasi penerus bangsa harus bisa membuat lingkungan kita ini terhindar dari adanya bencana. Hal - hal yang dilakukan di dalam ASB ini adalah yang pertama kita melakukan penyuluhan kepada masyarakat yang daerahnya sering terkena bencana. Ini adalah kegiatan sebelum bencana itu terjadi. Yang kedua adalah saat bencana itu terjadi, hal apa yang harus dilakukan oleh relawan PMI dan yang lainnya. Yang ketiga adalah saat bencana itu sudah terjadi,